Jawabaratnews.com

Berita dan Informasi Terlengkap Tentang Jawa Barat

Efisiensi Anggaran, Jumlah Pegawai Pemprov Jabar Makin Ramping

Published on Jan 16 2014 // Berita Jabar

Bisnis-jabar.com, BANDUNG–Pemprov Jabar berencana mengurangi jumlah pegawai sebagai bentuk reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan.

Asda IV Bidang Administrasi Setda Jabar Iwa Karniwa mengatakan mengurangi pegawai di lingkungan Pemprov Jabar membawa banyak keuntungan bagi pemprov.

Awalnya, jumlah pegawai di lingkungan Pemprov Jabar, 15.000 orang. Namun, di 2013 jumlah PNS menjadi 13.300 orang. “Efisiensi dari perampingan ini, mencapai Rp 150 miliar,” katanya, Kamis (16/1/2014).

Menurut Iwa, langkah perampingan itu ada yang karena alasan normatif dimana yang pensiun mencapai 500 orang dan pensiun dini. Untuk skema pensiun dini dilakukan pada pegawai yang tidak produktif.

Dulu, di lingkungan Pemprov Jabar, ada sekitar 47% pegawai yang pendidikannya masih SMA ke bawah hingga menyebabkan pelayanan publik tak efektif. ”Kalau Pensiun dini itu kriteria, usia minimal 20 tahun atau masa kerja 20 tahun,” katanya.

Setelah pihaknya menawarkan pensiun dini, Pemprov Jabar tetap melakukan penerimaan pegawai secara umum yang seleksinya dilakukan cukup ketat.

“Hasilnya, ternyata kualitasnya lebih baik. Dari sisi produktifitasnya, 1 berbanding 4 dibandingkan proses perekrutan dengan sistem honorer,” katanya.

Iwa mengatakan, reformasi birokrasi tersebut hanya alat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. ”Waktu itu, honorer diterima karena beban sejarah,” katanya. (antara/ija)

Source Article from http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/efisiensi-anggaran-jumlah-pegawai-pemprov-jabar-makin-ramping
Efisiensi Anggaran, Jumlah Pegawai Pemprov Jabar Makin Ramping
http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/efisiensi-anggaran-jumlah-pegawai-pemprov-jabar-makin-ramping
http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/category/berita-jabar/feed
Bisnis Jabar » Berita Jabar
Berita Ekonomi, Bisnis, Lifestyle & Jabar

Berita Terkait:

Leave a comment