Mahasiswa Depok yang Ditangkap karena Narkoba Bertambah

DEPOK, (PR).- Aparat Kepolisian Resort Kota Depok kembali menciduk mahasiswa berinisial DF (19) yang diduga menyalahgunakan narkoba jenis sabu‎ di Jalan Pahlawan Subekti, Bojonggede, Selasa 4 Oktober 2016. Penangangkap tersebut semakin memperpanjang daftar mahasiswa yang dicokok karena penyalahgunaan barang haram itu.

Kepala Satuan Res Narkoba Polresta Depok Putu Kholis Aryana menuturkan, ‎DF ditangkap sekira pukul 22.230 WIB. DF merupakan mahasiswa jurusan manajemen univer‎sitas swasta di Depok. Polisi menyita sejumlah barang bukti dari tersangka. “Satu plastik klip bening berisi sabu yang dimasukan kedalam bekas bungkus rokok gudang garam filter dengan berat brutto 0,35 gram,” kata Putu menuturkan barang bukti, Rabu 5 Oktober 2016.

Atas perbuatannya, DF dijerat pasal 114 ayat (1) sub pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009. Penangkap DF semakin menambah panjang daftar mahasiswa yang dicokok polisi.‎ Data terakhir pada 2016, tercatat sudah 20 mahasiswa yang ditangkap polisi karena dugaan mengedarkan barang haram tersebut.

Demikian ungkap Putu Kholis Aryana, Jumat, 23 September 2016 lalu. “Yang kita tangkap itu seluruhnya kita persangkakan terkait peredaran gelapnya,” kata Putu. Pangsa pasar atau konsumen para mahasiswa yang nyambi jadi pengedar itu bukan hanya kalangan kampus. “Tidak hanya mahasiswa tetapi juga masyarakat umum,” kata Putu.‎ Sebagai penyangga Ibukota Jakarta serta memiliki beberapa kampus besar, Depok menjadi kota yang strategis bagi peredaran narkoba.

“Penyalahgunaan dan peredaran narkoba teridentifikasi cukup marak karena adanya potensi permintaan dari kalangan usia produktif dan anak muda yang ada di Depok,” ucapnya. Selain itu, maraknya peredaran narkoba ditunjang kemudahan mendapatkannya. “‎Akses cukup mudah untuk dapatkan barang haram tersebut dari Jakarta, Tangerang, maupun Bogor,” tutur Putu.

Untuk itu, Anggota Satuan Narkoba Polresta Depok berupaya mempersempit ruang gerak mahasiswa yang terlibat peredaran narkoba. “Kita lakukan penyelidikan secara terus menerus. Pihak kampus juga telah secara tegas menyatakan menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba baik kepada mahasiswa maupun masyarakat,” ucap Putu.‎***

Source Article from http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/10/05/mahasiswa-depok-yang-ditangkap-karena-narkoba-bertambah-381500

Topic:

Just For You