Menteri Anis Baswedan Canangkan BPJS Goes To School Di Soreang

BANDUNGKAB-BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan se-Indonesia, saat ini serentak melakukan program BPJS Kesehatan Go To School. Program yang melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini bertujuan untuk menanamkan budaya hidup sehat di kalangan siswa lewat program “BPJS Kesehatan Goes to School”. 

Di Kabupaten Bandung sendiri, program ini telah dicanangkan secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Anis Baswedan di Halaman Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang, beberapa hari yang lalu, Selasa (19/07/2016). 

Dalam pandangan Mendikbuk, program yang beredukasi kesehatan tersebut sangat menyentuh pada kegiatan pendidikan. Pendidikan dan kesehatan menurutnya tidak bisa dipisahkan. 

“Ketika seorang siswa belajar, dipastikan kondisi badannya harus fit dan sehat. Nah program ini, bisa memberikan edukasi bagaimana seorang anak bisa hidup dengan pola yang sehat,” ucap Anis Baswedan.

Anis pun sangat mengapresiasi, karena didalam program itu terisi pula ajakan untuk membudayakan gotong royong sejak dini. “Selain sang anak memperhatikan kesehatannya, mereka pun akan diajarkan bagaimana bekerja sama yang baik berasaskan nilai-nilai luhur dalam budaya gotong royong,” imbuh Anis. 

Direktur Utama BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Prof.Dr.Fahmi Idris menjelaskan program BPJS Goes To School digelar dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan HUT yang Ke-48 BPJS. Untuk di Kabupaten Bandung, SMP 1 Margahayu menjadi lokasi untuk kegiatan tersebut.

“Mengapa anak-anak SMP karena mereka dinggap sudah mengerti dan bisa diajak untuk bergaya hidup sehat. Dan pada periode usia remaja itu merupakan masa yang paling rentan dan memiliki resiko yang cukup besar terpengaruh lingkungannya”, jelas Fahmi Idris. 

Sepakat dengan Menteri Anis Baswedan, kesuksesan menurut Fahmi dapat diraih jika pendidikan dan kesehatan satu sama lain tidak dipisahkan, keduanya sangat berkaitan erat. “Melalui program ini, Kita pun berharap di masa mendatang anak-anak ini akan menikmati kesuksesan dalam bidang pendidikan dengan kondisi badan yang sehat,” katanya pula. 

Sikap yang sama ditunjukan juga oleh Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip, M.Ip. Pihaknya akan selalu mendukung dan mengapresiasi setiap langkah mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan warg Kabupaten Bandung.

“Program kesehatan ini sangat bagus. Akibat lingkungan dan pergaulan yang salah, kadang sang anak tak bisa menghindari ajakan teman-temannya untuk merokok. Dalam program ini, anak-anak akan tahu dan mengerti bagaimana bahayanya merokok,” terang Dadang Naser.

               

Source Article from http://jabarprov.go.id/index.php/news/18318/2016/07/21/Menteri-Anis-Baswedan-Canangkan-BPJS-Goes-To-School-Di-Soreang

Topic:

Just For You