Jawabaratnews.com

Berita dan Informasi Terlengkap Tentang Jawa Barat

Pipa Pertamina di Indramayu Terbakar

Published on Oct 06 2016 // Berita Jabar

INDRAMAYU, (PR).- Pipa minyak milik Pertamina di Desa Amis, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu terbakar, Rabu 5 Oktober 2016. Api yang muncul akibat adanya kebocoran pipa mengakibatkan seorang warga yang sedang berada di dekat lokasi tersebut mengalami luka bakar serius.

PT Pertamina EP Jatibarang Field menyatakan langsung menerjunkan Tim Penanggulangan Keadaan Darurat beberapa saat setelah peristiwa itu. Pihak perusahaan mengakui ada rembesan minyak di jalur pipa tersebut. Namun mereka belum bisa memastikan dari mana asal mula api.

“Rembesan minyak diduga terjadi akibat retakan pada pipa minyak,” kata Legal Relation Manager di Pertamina Asset 3, Yosi Ardila dalam keterangan persnya. Pipa tersebut kata dia, menyambungkan Stasiun Pengumpul Minyak Tugu Barat Desa Amis ke Stasiun Pengumpul Utama Cemara Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu.

Yosi mengatakan penanganan dari tim tersebut berupa perbaikan pipa di lokasi sesaat setelah terjadinya kebocoran. Ia menegaskan pihaknya juga langsung melakukan pertolongan terhadap korban kebakaran pipa minyak tersebut. Korban, kata dia, adalah seorang pengendara sepeda motor yang kebetulan sedang melintas di dekat pipa tersebut. Akibat terkena percikan api dari pipa yang terbakar, korban bernama Diljalil (55) mengalami luka bakar pada bagian kaki dan tangannya.

“Korban atas nama Bapak Duljalil saat ini sedang dalam penanganan UGD RS PMC Indramayu. Selanjutnya korban akan dibawa ke RS Pertamina Cirebon untuk mendapatkan perawatan agar segera pulih,” kata Yosi meyakinkan. Seiring dengan proses pengobatan, pihaknya juga melakukan investigasi penyebab terbakarnya korban di lokasi.

Yang terpenting kata Yosi, tim Health Safety Security Environment dan Onshore Production Operation Pertamina EP Jatibarang Field telah menanggulangi rembesan minyak ke sekitarnya. Upaya yang dilakukan menurutnya berupa tindakan melokalisasi tempat kejadian agar tidak menimbulkan korban dan kerusakan lebih banyak.

“Korban beserta kendaraannya yang terbakar langsung dapat dipadamkan dan telah dilakukan perbaikan pada pipa dengan pemasangan Pipe Clamp atau Klem Pipa. Saat ini sedang dilakukan pembersihan ceceran minyak di sekitar lokasi,” kata Yosi menjelaskan. Selain melukai seorang warga dan merusak sepeda motornya, kebocoran minyak juga merusak kebun tebu di sekitarnya.

Yosi mengatakan jajarannya telah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Cikedung dan Kepolisian Sektor setempat. Mereka selanjutnya akan melakukan perhitungan luas area kebun tebu yang rusak akibat terbakar atau terkena tumpahan minyak.

Sementara itu, warga di sekitar lokasi mengaku tidak mengetahui kronologi kebocoran pipa, asal mula api dan penyebab terbakarnya korban. Lokasi tersebut diakui warga memang cukup sepi karena berada di tengah perkebunan tebu yang menutupi pandangan dari pemukiman warga terdekat.

“Biasanya sepi, ini memang jalur inspeksi Pertamina tapi biasa juga dilewati warga. Kebetulan tadi pagi saat kejadian ada warga yang mau ke sawah lewat situ,” kata salah seorang warga, Nita.***

Source Article from http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/10/05/pipa-pertamina-di-indramayu-terbakar-381499

Leave a comment

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!