Jawabaratnews.com

Berita dan Informasi Terlengkap Tentang Jawa Barat

YLKI Minta Seluruh JPO di Jakarta Diaudit

Published on Sep 26 2016 // Nasional

Jembatan Penyeberangan Orang

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Minggu yang roboh akibat angin kencang pada Sabtu (24/9). Peristiwa ini menewaskan tiga orang. (Foto: Media Release)

Media Release | Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta seluruh jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jakarta diaudit. Hal ini menyusul peristiwa robohnya JPO di Pasar Minggu pada Sabtu, pekan lalu.

Menurut Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, peristiwa yang menewaskan tiga orang tersebut sudah sepatutnya menjadi titik tolak untuk dilakukan audit. ’’Robohnya JPO di Pasar Minggu akibat angin kencang dan menewaskan tiga orang, ini adalah sebuah kasus yang tragis,” kata Tulus dalam siaran pers yang diterima Media Release, Minggu (25/9).

Peristiwa tersebut, kata Tulus, mengindikasikan fasilitas publik JPO itu tidak memenuhi standar kelaikan, keamanan, dan keselamatan. Pihaknya menduga kuat, masih banyak JPO serupa yang tidak memenuhi standar di beberapa titik di Jakarta. Karena itu, audit JPO menjadi sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi warga Jakarta.

’’Terbukti, beberapa waktu sebelumnya terdapat warga Jakarta yang meninggal karena kesetrum listrik di JPO, dijambret atau ditodong, bahkan aksi kriminalitas yang lebih sadis (pembunuhan),” katanya.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab menyediakan JPO yang layak dan manusiawi, serta memenuhi standar keamanan dan keselamatan. (Red)

Leave a comment

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!